By Admin  Article Published 20 June 2014
 

 

 

 

Mendekati liburan umumnya anak-anak antusias. Seperti menagih kepada orang tua untuk pergi berlibur. Kebanyakan keluarga Indonesia, ter­utama saat Lebaran tiba, kendaraan pribadi masih menjadi pilihan utama. Tidak hanya karena ongkos (bisa) relatif lebih murah, tetapi kebersamaan keluarga menjadi alasan utama.

Perjalanan menggunakan mobil, apalagi jaraknya jauh, bisa membawa kejenuhan. Tidak hanya orang dewasa, tapi anak kecil pun kerap menghantui dengan pertanya­an, "Masih jauh enggak?" atau "Kok gak nyampe-nyampe sih?". Sementara anak yang masih kecil bahkan tidak ada ucapan, hanya menangis.

Kondisi ini kadang tidak mendukung perjalanan dan cenderung mengganggu konsentrasi pengemudi. Sering kali harus berhenti agar sang anak tidak merasa bosan. Ada baiknya untuk penumpang dewasa sehingga bisa stretching sejenak, tapi tentunya akan memakan waktu. Padahal perjalanan masih jauh. Sementara ke­inginan untuk mencapai tujuan sudah sa­ngat tinggi.

Ada beberapa cara untuk menghindari anak bosan di mobil. Memang ma­sing-masing anak pasti memiliki treatment yang berbeda-beda dan rentang umur pun memiliki cara tersendiri. Hal ini tentu saja kami serahkan kepada masing-masing orang tua. Walau demikian, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.


CHILD SEAT
Bicara anak, tentu saja tidak lepas dari bangku khusus untuk mereka. Ada bebera­pa child seat yang bisa digunakan, tetapi penggunaannya harus tepat. Perlu diketahui, child seat ada yang menghadap ke depan dan ke belakang.

Child seat yang menghadap ke belakang diperuntukkan bayi berusia hingga satu tahun dengan posisi seperti tidur karena leher bayi belum kuat untuk menopang kepala. Ia disebut infant carrier dan biasa digunakan pada bayi usia 0-9 bulan atau dengan berat 0-13 kg.

Child seat berikutnya berbentuk jok lengkap. Biasa disebut sebagai baby car seat. Diperuntukkan anak usia 1-9 tahun atau berat badan 9-36 kg. Bahannya ringan dan mudah dipindahkan.

Keberadaan seatbelt menjamin anak ke­sayangan terjaga keselamatannya. Child seat model ini bisa dipakai meng­hadap ke depan dan di jok belakang.

Sementara yang terakhir untuk anak usia 4-12 tahun atau berat badan 15-36 kg. Bentuknya se­perti alas bangku, atau disebut baby booster. Penopang bangku ini sudah bisa digunakan bersama seatbelt standar mobil. Keberadaannya yang lebih tinggi dari bangku standar membuat anak bisa melihat keluar jendela dan menikmati perjalanan.

Pastikan child seat yang dipa­kai sudah mengantongi sertifikat se­suai dengan regulasi No. 44 of The Economic Commission for Europe of the United Nations (UN/ECE).  Yakinkan pula bahwa Anda telah paham prosedur pemasangannya agar tidak mencelakakan anak.

CAR ONTERTAIMENT
Ini adalah treatment paling tepat untuk menghibur anak-anak di mobil. Sepasang layar di headrest kanan dan kiri bisa membuat anak menikmati perjalanan jauh sekalipun.

Pilihlah audio entertainment yang sesuai selera Anda. Tidak perlu mahal, tapi pastikan Anda percayakan kepada instalatur yang andal agar selama perjalanan tidak ada kendala. Seperti suara yang hilang-hilang atau layar yang kadang mati ketika melintasi jalan buruk.

 Saat menyaksikan tayangan favorit mereka, senantiasa anak-anak akan bergembira mengikuti perjalanan. Bahkan  bukan tidak mungkin mereka akan ‘kesal' ketika sudah tiba di lokasi tujuan tapi film belum selesai.

MAKANAN
Tidak kalah ampuh adalah makanan. Mereka gemar dengan camilan yang bisa membuat mere­ka lupa kemacetan dan lamanya perjalanan. Sebaiknya disesuaikan dengan kegemaran anak.

Namun umumnya, makanlah lebih sering dengan porsi yang lebih kecil. Jangan lupa pula pilih makanan dengan protein tinggi. Terakhir, perbanyak minum air putih. Memang akan berakibat sering mengunjungi toilet, tapi hal ini bisa menjauhkan kemungkinan si anak jemu di mobil terlalu lama, dan memang sehat untuk tubuh.

Dan, selalu ajak bicara anak Anda. Ada kalanya si anak merasa bosan karena tidak diperhatikan. Bila menyaksikan DVD favorit, tidak ada salahnya untuk membahas film tersebut. Have a nice trip!



Related Article