By Admin  Article Published 22 July 2014
 


Aki Soak? 'Jumpstart' Saja!
Jumpstart
Sabtu, 24 September 2011 07:05

Otosia.com - Jika Anda termasuk orang yang sangat peduli dan hobi dengan otomotif, pasti tak akan pernah melupakan untuk menyervis kendaraan secara rutin agar kendala mogok di jalan tidak pernah terjadi. Ya, namun apa boleh buat bila keadaan mogok tersebut terjadi secara tiba-tiba.

Setelah berkali-kali dicoba start, mesin tak juga kunjung hidup. Dan setelah diperiksa pada bagian mesin, ternyata pengisian strum ke aki tidak sempurna dikarenakan aki yang sudah rusak. Hingga tidak dapat menyimpan listrik dengan maksimal, atau yang biasa dikenal istilah aki tekor.

Ada 2 macam cara untuk mengatasinya, agar mesin mobil kita bisa dihidupkan. Yang pertama adalah dengan cara didorong dan kemudian dimasukkan porsenelingnya, atau yang kedua dengan cara men-jumper aki dengan aki yang sehat dan telah terisi setrum.

Namun ada beberapa mobil yang walaupun didorong pun mesinnya tak mau hidup. Alhasil, dengan sangat terpaksa kita meminta bantuan aki dari mobil lain, dengan cara disetrum. Lantas bagaimana caranya men-jumper aki mobil dengan baik dan benar?

Ikuti prosedur di bawah ini dengan seksama:

1. Safety first, gunakan alat pengaman mata, sarung tangan, sepatu bersol karet. Pastikan Anda melakukan jumper di ruang yang kering dan tidak dalam keadaan hujan. Jauhkan dari cairan atau bahan bahan yang mudah terbakar, serta jauh dari anak-anak.2. Posisikan kedua kendaraan agar aki masing-masing mobil bisa sedekat mungkin dan dalam jangkauan kabel jumper, serta cukup ruang bagi anda untuk bekerja.3. Cari dan perhatikan kutub positif dan kutub negatif aki pada mobil donor (mobil D) maupun pada mobil penerima (mobil P).4. Bersihkan kedua kutub positif dan negatif aki di kedua mobil, pastikan terpasang kuat.5. Kedua mobil pada posisi kunci kontak OFF.

Urutan men-jumper adalah sebagai berikut:

1. Jepitkan klem kabel jumper merah ke kutub positif mobil D, hubungkan dengan kutub positif mobil P. Pastikan jepitannya kuat dan stabil.2. Jepitkan klem kabel jumper hitam pada kutub negatif, dimulai pada mobil P lalu lanjutkan ke mobil D. Pastikan jepitannya kuat dan stabil.3. Start mobil D, biarkan beberapa saat agar arus mengalir ke aki mobil P.4. Coba start mobil P.

Bila mobil P telah menyala, lepaskan kabel jumper negatif terlebih dahulu, baru kemudian kabel jumper positif, diamkan beberapa saat pada RPM 2000 - 2500 sampai terjadi pengisian pada aki yang soak. Selanjutnya coba matikan mesin mobil P dan lalu cobalah start ulang. Bila tidak berhasil, Anda harus segera mengganti aki.

Hubungi teknisi aki dan mintalah pemeriksaan yang teliti dengan battery analyzer atau battery tester yang terukur. Jangan menduga duga tingkat kekuatan battery Anda. Aki mobil sehat harus memiliki voltase minimal 12,30.

Pada saat pengisian, voltase aki naik hingga 12.80 atau lebih, artinya aki masih dalam kondisi bisa menerima dan menyimpan setrum. Aki dengan kondisi awal voltase di bawah 11 Volt mungkin masih bisa menerima setrum, namun sudah tidak bisa menyimpannya untuk jangka waktu lama.

Yang jelas, Anda harus berhati-hati untuk paham dan mengikuti aturan yang tepat cara men-jumper aki. Ikuti aturan serta urutan dalam men-jumper. Jangan asal mau cepat, bisa-bisa mobil Anda malah jadi korban. Karena aki bisa berakibat fatal baik bagi mobil Anda, bagi sistem kelistrikan mobil, bahkan bagi keselamatan diri sendiri. Nah, selamat mencoba.


Related Article