By Admin  Article Published 06 July 2014
 

 

 

 

Anda pernah bepergian dan ter­sesat? Hal itu lazim dia­lami pengemudi yang mendatangi suatu daerah yang tidak dikenalnya. Langkah antisipasi bisa dilakukan dengan membawa peta daerah yang dituju, atau ketika sudah tersesat, bertanya lokasi tujuan menjadi senjata.

Namun sebenarnya Anda dapat memanfaatkan smartphone untuk mencapai lokasi itu. Soalnya mayoritas smartphone sudah dilengkapi aplikasi maps (peta) yang berbasis GPS (Global Position System) sebagai fitur standar.

Ada yang hanya menampilkan peta digital, ada pula yang disertai navigasi yang dapat menunjukkan arah langsung menuju lokasi tujuan. Baik dipilihkan de­ngan waktu tercepat atau rute terpendek.

Pada navigasi yang cerdas, Anda pun tidak perlu khawatir tersesat karena bila salah mengambil jalur, dengan cepat fasilitas itu akan menghitung ulang dan mencarikan jalur baru untuk Anda lalui.

Kali ini, kami membandingkan 4 smartphone dengan aplikasi maps yang sudah tersedia sebagai standar. Yakni iPhone4, Nokia Lumia 920, Sony Xperia Z, dan BlackBerry Torch. Kemudahan penggunaan, tampilan dan keakuratan lokasi yang dituju menjadi poin utama.
 

Nokia Lumia 920

Rating : * * * * *

Nokia Lumia 920 dilengkapi fitur navigasi yang diberi nama Here Drive Beta. Aplikasi ini terhubung dengan fasilitas lain seperti Here Maps, Here Transit, dan Here City Land.

Aplikasi ini cukup mudah, Anda pilih aplikasi Here Drive Beta, lalu pilih menu navigasi dan ketik lokasi dituju. Setelah itu pengguna mendapat pilihan tampilan 2D atau 3D. Otomatis peta menunjukan lokasi yang dituju seperti Plaza Indonesia, kurang lebih 4 detik. Aplikasi ini juga menunjukan jalan tercepat, tol dan jalan utama.

Untuk tampilan peta di layar cukup jelas, apalagi tersedia pilihan 3D yang memperjelas jalur menuju lokasi. Untuk keakuratan, aplikasi maps bawaan Lumia ini terbilang akurat. Karena kami dipandu sampai tepat di depan gedung Plaza Indonesia dengan petunjuk arah dan suara selama perjalanan. Apps ini juga cepat merekapitulasi jalur bila kami mengambil jalan yang berbeda.

Kelebihan lainnya, apps ini dapat menampilkan sekitar 100 peta negara secara detail. Selain itu, tampilan Here Drive Beta dapat berubah sendiri sesuai siang atau malam.

 

Sony Xperia Z

Rating : * * * *

Smartphone yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu ini, sempat mencuri perhatian gadget mania. Tetapi bagaimana fitur maps-nya? Apps maps bernama Sony Car ini mengandalkan basis Google maps. Bagi Anda yang kerap memakai Google maps tak perlu beradaptasi lama untuk memahami dan mengguna­kannya.

Caranya, pilih ikon maps lalu search lokasi yang dituju, dan Anda disajikan beberapa pilihan seperti drive, public trasnport, dan road.

Setelah kami pilih drive dengan tujuan Plaza Indonesia, kurang dari 5 detik peta sudah tampil di layar. Maps juga menunjukan update lalu lintas dengan menampilkan beberapa rute menuju Plaza Indonesia.

Selain itu, menunjukan kondisi lalu lintas dengan perbedaan warna jalur. Jalur merah menandakan kondisi macet, ku­ning untuk padat, dan hijau berarti lancar. Hasilnya, aplikasi maps di Sony Xperia Z ini akurat menuju lokasi.

Tampilan peta yang disajikan di layar berwujud standar yaitu 2D. Maps ini sudah menampilkan SPBU terdekat, kantor polisi, bengkel, hotel dan lainnya di sekitar jalur yang dipilih.

 

iPhone4

Rating : * * *


iPhone memiliki aplikasi Assisted-GPS (A-GPS) yang menyediakan berbagai fitur navigasi, termasuk arah dan layanan berbasis lokasi. Fitur A-GPS ini dibuat dari kemampuan iPhone untuk menggunakan kombinasi dari menara seluler, WiFi dan sinyal satelit.

Penggunaan maps pada iPhone4 mirip aplikasi yang berbasis Google maps. Anda tinggal pilih fitur maps, lalu search lokasi yang dituju. Sekejap layar menampilkan lokasi yang diinginkan sekitar 5 detik.

Maps ini juga mirip seperti Sony Xperia Z yang menunjukan update lalu lintas dengan rute 3 pilihan warna. Jalan macet (merah), padat (kuning), dan lancar (hijau). Keakuratan pun tepat menuju lokasi yang dituju dengan melalui jalur utama.

Fasilitas lainnya, maps pada iPhone juga menunjukan SPBU, restoran, hotel, rumah sakit, kantor polisi, bengkel, dan lainnya.
 

BlackBerry Torch

Rating : * * *


Smartphone BlackBerry sejuta umat yang sudah tidak asing lagi. Tapi bagaimana de­ngan aplikasi maps ini tersedia di BlackBerry Torch?

Pada prinsipnya aplikasi maps pada BlackBerry tidak berbeda jauh dengan Google maps. Tapi sayang peta yang tersedia tidak selengkap Google maps. Setelah proses pairing cukup lama dibandingkan yang lain, kami mendapatkan posisi aktual yang dituju.

Selanjutnya, titik tujuan bisa dimasukkan berdasarkan alamat, POI, atau dengan memilih langsung pada peta. Saat kami di jalan, maps ini cukup akurat menunjukan lokasi yang kami inginkan dengan penunjuk arah.

Namun sayangnya, BlackBerry belum bisa memaksimalkan fasilitas GPS yang sudah tertanam. Aplikasi yang disediakan lebih berbentuk peta digital ketimbang navigasi. Tampilan juga tergolong biasa, dan sedikit informasi tentang fasilitas seperti kantor polisi, bengkel, rumah sakit, dan lainnya.

 

PENGETESAN
Kami lakukan pengetesan keakuratan dengan menentukan lokasi yang dituju, kali ini dipilih Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Lalu untuk lokasi keberadaan awal pengetesan, kami tentukan dari kawasan jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Selanjutnya, untuk kemudahan penggunaan kami lakukan dari awal membuka aplikasi maps di smartphone sampai seberapa cepat menemukan lokasi yang dituju. Kami juga menilai dari tampilan peta di layar, dan fasilitas lainnya yang disediakan seperti memberitahu jalur yang padat, SPBU, kantor polisi, dan lainnya.


Related Article