By Admin  Article Published 07 November 2014
 
GPS mobil atau Global Positioning System yang digunakan untuk mobil semakin digemari, fungsi GPS mobil pada dasarnya terbagi menjadi 2 yakni:
1. GPS Navigasi, yang digunakan untuk penunjuk jalan atau penunjuk arah atau sebagai alat navigasi. GPS model ini akan selalu mendetec lokasi GPS setiap detik dengan mengandalkan sinyal dari satelit. Jika GPS dibawa di dalam mobil otomatis satelit akan mendeteksi jalannya mobil itu sendiri dan sinyal yang ditangkap oleh GPS akan dicitrakan melalui peta yang terinstal di device/ alat (monitor GPS). nanti akan kita bahas lebih detail

2. GPS Tracker, yakni sebuah alat yang ditanamkan pada mobil (tempat tersembunyi). Fungsi utama GPS tracker adalah untuk mengetahui posisi mobil akan tetapi dilihat dari tempat lain, Gps tracker banyak digunakan perusahaan taksi atau angkutan untuk mengetahui posisi mobil (armada) sekarang berada di mana sehingga Bos dapat mengevaluasi kinerja dari sang sopir. GPS tracker biasanya juga dimanfaatkan untuk melacak mobil yang dicuri/ hilang, mobil yang telah dipasangi GPS tracker dan dicuri maka pemilik mobil dengan mudah dapat mengetahui posisi mobilnya tersebut. Lebih lengkap tentang GPS Tracker bisa dibaca pada artikel penggunaan GPS Tracker dan cara melacak posisi mobil
Ok, untuk kali ini kita akan fokus pada GPS Navigasi
 
Tentang GPS Navigasi
GPS navigasi digunakan oleh pengemudi untuk mengetahui posisi mobil sekarang (realtime), selain mampu mendeteksi posisi mobil sekarang GPS navigasi ini juga bisa digunakan untuk pemandu jalan dimana kita tinggal menentukan tujuan kita ke kota mana dan jalan apa. Kemudian komputer akan menentukan jarak terdekat yang bisa ditempuh dan menyajikan rute alternatif yang bisa dilalui, pengemudi bisa memilih salah satu rute dengan menekan layar sentuh gps kemudian GPS akan memerintahkan pengemudi untuk jalan mengikuti rute yang telah dipilih.
 
GPS navigasi ini tampilannya layarnya seperti Game, mungkin pecinta otomotif waktu kecil pernah bermain game mobil-mobilan nah di layar GPS ini tampilannya persis seperti itu, ada jalan dan ada peringatan saat mendekati tikungan (nanti akan kita sajikan gambar).
Letak GPS yang Optimal
GPS navigasi hendaknya diletakkan di tempat yang mudah terlihat oleh pengemudi akan tetapi tidak menggangu pandangan terhadap jalan, tempat yang paling baik menurut www.mobilku.org adalah di kaca sebelah kiri bawah. Pecinta otomotif bisa menempelkan rumah GPS pada kaca tersebut dan memasang GPS mobil disana. hindari meletakkan GPS di tengah karena menggangu pandangan terhadap jalan, letak GPS di atas juga cukup sulit dilihat oleh pengemudi.
Harga GPS Navigasi
Harga GPS navigasi dulu tergolong mahal mahal bisa diatas 2,5 juta bahkan sampai 5 juta rupiah, akan tetapi sampai artikel ini dibuat (akhir 2014) harga GPS mobil untuk yang murah bisa sekitar 500 ribuan (antara 400 sampai 700 ribu) tentunya merk-merk cina.
Jika pecinta otomotif  membeli GPS mobil dengan harga 1 sampai 1,5 juta rupiah maka pecinta otomotif sudah bisa mendapatkan GPS yang cukup bagus (tidak jelek-jelek amat). Saat membeli lebih baik pecinta otomotif sekalian meminta untuk dipasangkan ke mobil karena kadang-kadang GPS ini juga butuh instalasi peta dan kita kadang-kadang kesulitan jika belum pernah mengeset (menginstal) peta pada GPS tersebut.
Cara menggunakan GPS Navigasi
Langkah-langkah mengoperasionalkan GPS navigasi pada mobil:
1. Nyalakan GPS (tekan tombol on of)
2. Cari posisi, tekan lingkaran pada monitor agar GPS bekerja mengirim sinyal ke satelit dan menentukan letak/ posisi saat ini.
3. Tentukan tujuan. Setelah diketahui posisi saat ini maka pecinta otomotif bisa menentukan tujuan dengan mengetik pada icons search di layar LED GPS, misalnya tujuan adalah jalan darmo kota surabaya. kemudian tekan enter atau search maka GPS akan mencari alamat tersebut (kira-kira 1-2 detik) jika sudah ketemu maka GPS akan mengkonfirmasi apakah benar jalan ini? pengemudi tekan "ya" jika benar
4. Buat rute, setelah lokasi awal ditemukan dan tujuan akhir ditentukn maka tekan "buat rute", kemudian komputer GPS akan membuat rute yang paling dekat dan beberapa rute alternatif lain. Pecinta otomotif tinggal memilih rute yang disediakan oleh komputer pada GPS dengan menekan rute yang dipilih, setelah rute ditekan (dipilih) maka GPS sudah bersiap-siap dengan menampilkan peta lengkap perjalanan anda
5. Tekan "mulai" nah ini adalah langkah terakhir, pecinta otomotif bisa menekan "mulai" dan menjalankan mobil anda. GPS akan mengikuti sinyal mobil dan memberikan aba-aba jika akan melewati tikungan atau pecinta otomotif salah jalur :-)
HP sebagai Alternatif GPS
Saat ini HP sudah banyak sekali yang dilengkapi fasilitas GPS, yang mana pecinta otomotif jika enggan membeli GPS bisa memanfaatkan HP tersebut sebagai GPS. HP android seperti nokia XL, Samsung, LG, Aple, dll sudah sangat mensupport fitur GPS ini. Saya sendiri memakai Nokia XL untuk GPS dan hasilnya cukup baik :-)


Related Article