By Admin  Article Published 07 November 2014
 
Honda Mobilio merupakan mobil Low MPV pertama dari Honda yang disegmentasikan pada pasar yang sama dengan mobil sejuta umat Toyota Avanza, Honda mobilio sendiri pertama kali dijual pada tahun 2014 dan sampai bulan september telah mencatatkan penjualan sebanyak hampir 67 ribu unit (januari-september 2014). Sedangkan Toyota avanza pada periode yang sama (januari-september 2014) masih mencatatkan penjualan yang sangat fantastis yakni hampir 125 ribu unit (kira-kira dua kali jumlah penjualan mobilio).
Untuk masalah harga kedua mobil ini relatif bersaing dimana Honda mobilio terendah dijual dengan harga 161,5 juta rupiah dan tertinggi 200 juta rupiah, sedangkan avanza harga terendahnya 164,1 juta dan tertinggi 210 juta rupiah. Akan tetapi untuk kelemahan avanza dengan harga 164 juta dan beberapa varian diatasnya masih menggunakan mesin 1300 cc sedangkan mobilio varian terendahnya sudah memakai mesin 1500 cc (unggul mobilio untuk mesin).
Sementara untuk tenaga mesin honda mobilio 1500 mampu mengeluarkan tenaga sampai 118 PS, sedangkan avanza versi 1300 cc hanya memiliki tenaga 92 PS, dan avanza velos 1500 cc hanya mampu menghasilkan tenaga 104 PS. Jadi untuk masalah tenaga Honda mobilio 1500 cc jauh lebih unggul dari Avanza 1500 cc apa lagi dengan avanza 1300 cc yang hanya bertenaga 92 Ps.
Dari kualitas mobil Honda Mobilio bisa dikatakan unggul bersaing dalam hal spesifikasi teknis mobil seperti kemampuan mesin, kenyamanan dan lain-lain akan tetapi Honda mobilio masih pemain baru sehingga banyak masyarakat yang belum mengenal mobil ini. Masih banyak masyarakat yang menganggap mobil murah tapi berpenumpang banyak adalah avanza, padahal sekarang sudah banyak bermunculan mobil MPV dengan harga murah dan berkapasitas penumpang banyak seperti Daihatsu Luxio, Daihatsu Grand Max MB, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, dan Honda Mobilio.
Banyak pengamat otomotif mengatakan penjualan Honda mobilio dalam 1 tahun sejak diluncurkan sudah mampu menggeser ertiga dan xenia dimana hal ini adalah pencapaian yang luar biasa mengingat persaingan pada pasar MPV Low End ini sangatlah ketat. Dalam 2 tahun kedepan diperkirakan penjualan mobilio sudah mampu sejajar dengan avanza saat keberadaan mobil ini sudah dikenal luas. Untuk Mobilio Vs Avanza bisa dilihat spesifikasi teknisnya yang telah kami ulas di bawah ini:
* ulasan lengkap Spesifikasi Honda Mobilio
* review Spesifikasi Toyota Avanza
Baca pula pesaing kuat yang berada pada posisi ketiga yakni Suzuki Ertiga

Honda ,News ,Toyota



Related Article