By Admin  Article Published 20 July 2014
 

Kiat Merawat Mobil dan Berkendara Ala Ford
Ford Ranger di IIMS 2011
Jum'at, 26 Agustus 2011 08:08

Otosia.com - Anda yang sudah memutuskan membeli mobil Ford tak perlu khawatir soal layanan after sales dan maintenance. Karena Ford sudah memikirkannya masak-masak sebelum mengembangkan pemasaran produknya di Indonesia.

Mengenai perawatan kendaraan buatan Amerika ini, Ford berbagi kiat-kiat perawatan dan pemeliharaan mobil, termasuk trik berkendara yang aman dan hemat BBM. Bisa jadi tips ini juga berlaku umum untuk merek lain. Berikut beberapa kiat yang berguna terutama bagi para pelanggan Ford :

1. Pilih mobil dan dealer yang menyediakan program pemeliharaan kendaraan lengkap. Sebagai contoh, program purnajual Ford menawarkan bantuan panggilan darurat 24 jam kepada pemilik mobil Ford.

2. Kenali mobil Anda, luangkan waktu membaca buku panduan kendaraan untuk mendapatkan pengetahuan dasar mengenai komponen utama mobil Anda. Ketahui tekanan ban yang direkomendasikan serta ketinggian oli dan air yang diperlukan.

3. Jadwalkan pemeliharaan dan tune up rutin, untuk Fiesta, pemeliharaan rutin dilakukan setiap sembilan bulan atau 15.000 kilometer

4. Perhatikan lampu peringatan, beragam lampu dan tanda peringatan menunjukkan hal penting yang harus diperhatikan, misalnya oli dan bahan bakar, suhu mesin dan masalah pada sistem kemudi. Kuning berarti hati-hati mengendarai mobil Anda, dan mintalah bantuan di pusat layanan terdekat. Merah berarti segera berhenti dan mintalah bantuan dari dealer Ford.

5. Bersiaplah, dan siapkan peralatan yang dapat digunakan dalam keadaan darurat, termasuk kunci inggris dan dongkrak, kabel aki mobil, tambang penarik dan senter.

6. Jangan kotori bagian dalam mobil dengan mainan dan barang, serta jaga kerapian mobil Anda. Aman dan hemat bahan bakar

7. Hindari penggunaan sepatu berhak tinggi, sepatu sandal atau sandal saat berkendara. Sepatu olahraga, atau sepatu dengan sol yang tipis dan rata merupakan pilihan yang lebih aman, sekaligus memberikan kenyamanan dan kendali berkendara yang lebih tinggi.

8. Hindari gangguan saat berkendara. Jadi, jangan menggunakan telepon, mengirim SMS, memeriksa email atau berhias.

9. Jika terjadi hujan lebat atau cuaca buruk, beri jarak aman tambahan selama 4 - 6 detik dari mobil di depan Anda.

10. Untuk mencegah pengembunan dan berkurangnya jarak pandang, pastikan bahwa AC mobil menyala saat berkendara di tengah cuaca buruk.

11. Waspada dalam berkendara. Periksa kaca spion serta perhatikan jalur pejalan kaki dan jalan untuk mencoba dan mengantisipasi ke mana arah mobil di sekitar Anda.

12. Bersantailah. Jalan raya dan jalan tol bukanlah arena balap pribadi atau tempat bagi orang yang tidak sabar. Cobalah untuk menjadi pengendara yang pintar, tenang dan waspada untuk menikmati perjalanan aman setiap saat.


Related Article