By Admin  Article Published 05 July 2014
 

 

 



Ban mobil merupakan bagian yang cepat kusam dan kotor. Maklum posisinya di bawah rentan dihinggapi berbagai kotoran. Tetapi hadirnya pembersih ban atau biasa disebut semir ban memudahkan Anda membersihkan dan menjaga ban tetap mengilap.

Di pasar, terdapat tiga jenis semir ban yaitu cair, foam, dan wax. Ketiganya mempu­nyai kelebihan dan kekurangan. Misalkan semir ban berbentuk cairan cukup praktis diaplikasi.

Lalu untuk jenis foam biasanya mempunyai dua manfaat yaitu dapat membersihkan dan mengilapkan ban. Sedangkan untuk jenis wax, bisa melindungi dalam waktu lama dan dapat menjaga elastisitas permukaan ban.

Selain itu, harga dan kemasan ketiga jenis produk ini juga cukup menarik perhatian pembeli. Oleh karena itu, pilih semir ban yang tepat untuk mobil Anda agar hasilnya maksimal.



GEFT1 TYRE SHINE & GLOSE

- Rating :* * * * *
- Harga : Rp 24.000
- Volume : 320 ml

Semir ban berjenis gel ini, mempunyai harga yang paling rendah dibandingkan produk lain. Penggunaan cukup mudah, setelah ban sudah dicuci bersih. Tuangkan Geft1 ke spons atau kain bersih, setelah itu oleskan ke bagian ban secara merata.

Hasilnya, untuk satu kali usap, sekejap ban mobil terlihat mengilap. Untuk hasil yang lebih kilap, oleskan kembali produk ini selepas 10 menit. Meski disemprot air bertekanan, lapisan yang dibuat GEFT1 dapat melindungi dengan baik dan tetap berkilau.



 
WAXCO WET LOOK TYRE SHINE

- Rating : * * *
- Harga : Rp 67.000
- Volume : 500 ml

Cara penggunaan Waxco dan jenisnya tidak berbeda jauh dengan Geft1. Proses aplikasinya pun menggunakan spons. Namun untuk mencapai kilap, aplikasi harus dilakukan berulang.

Untuk daya tahan menghadapi semprotan air bertekanan, produk yang mempunyai volume 500 ml ini, tergolong baik. Tapi harga yang tertinggi di Tes Produk kali ini menjadi pengganjal.





 
3M TIRE RESTORER

- Rating :
* * *
 - Harga : Rp 25.000
- Volume : 350 ml

Produk 3M ini diklaim membuat ban Anda terlihat seperti baru kembali. Berbentuk cairan, aplikasi produk ini juga membutuhkan spons untuk menyeka permukaan dinding ban. Hasilnya, produk ini harus dioleskan bebe­rapa kali agar mendapatkan kilap maksimal.

Untuk poin tahan lama, setelah kami semprotkan air bertekanan ke bagian yang telah dioleskan, daya kilap produk ini masih bersinar alias tergolong cukup baik. Harganya pun relatif terjangkau.




 
KIT BLACK MAGIC

- Rating : * * *
- Harga : 26.500
- Volume : 400 ml

Produk yang berjenis foam ini mempunyai dua fungsi yaitu membersihkan dan mengilapkan. Ketika Kit Black Magic disemprotkan ke ban, busa langsung memenuhi permukaan ban dan mulai bekerja dengan merontokan kotoran yang tersisa di permukaan ban. Cara penggunaanya pun praktis baik pada permukaan basah atau kering.

Setelah busa mencair, daya kilap mulai terlihat di ban. Tetapi untuk faktor daya tahan, produk berjenis foam ini tidak sebaik semir ban berbentuk gel atau cairan.



 
SOFT99 RV

- Rating : * * *
- Harga : Rp 65.000
- Volume : 470 ml

Produk asal Jepang ini berbentuk spray, jadi penggunaannya sangat praktis. Hanya menyemprotkan RV ke bagian ban dengan jarak sekitar 15 cm secara merata. Plusnya, cairan yang disemprotkan RV langsung melekat pada ban dan tidak ada lelehan.

Tetapi RV harus disemprotkan berulang, baru terlihat mengilap. Sebaliknya daya tahan yang dihasilkan cukup baik dan tahan lama, meski faktor harga menjadi pengganjal.




 
PRESTONE TIRE SHINE

- Rating : * * * *
- Harga : Rp 90.000
- Volume : 621 ml

Produk Prestone yang berbentuk cairan ini mempunyai beberapa kelebihan. Selain penggunaannya praktis, juga cepat mengilapkan ban. Caranya hanya disemprotkan ke dinding ban tanpa dibasuh air. Ban pun akan mengilap.

Selain volumenya terbanyak, faktor daya tahan juga menjadi kelebihan Prestone Tire Shine. Karena setelah diuji dengan metode yang sama, produk ini mempunyai daya tahan baik.




 

PENGETESAN

Kami menggunakan 4 ban dan tiap ban kami pilah menjadi 2 bagian untuk mengetes masing-masing produk. Parameter pengetesan mencakup kepraktisan penggunaan, daya tahan dalam melindungi dari kotoran. Setelah aplikasi kami semprot ban menggunakan air yang bertekanan.

Parameter berikutnya adalah harga. Bukan berarti produk terbaik dibanderol dengan harga tinggi. Atau sebaliknya, produk berharga hemat belum tentu kualitasnya buruk.


Related Article