By Admin  Article Published 09 July 2014
 

 

 

 

Dongkrak merupakan peralatan penting di dalam mobil. Alat ini sangat dibutuhkan kala pengemudi mengalami kondisi darurat seperti pecah ban atau kempis.

Di pasar aksesori mobil, tersedia beragam model dongkrak. Salah satunya trolley jack atau lebih dikenal dongkrak buaya. Disebut dongkrak buaya karena gerakan naik turun lengan angkatnya mirip mulut buaya.

Guna menghasilkan daya angkat, dongkrak menggunakan sistim hidraulik, pengguna dapat mengoperasikan tuas ungkit yang ada di ujung dongkrak. Untuk menurunkan lengan dongkrak, tinggal mengendurkan baut katup hidraulik.

Dongkrak buaya lebih mudah digunakan untuk mengangkat bodi mobil. Disebut trolley karena ia memiliki empat roda dan membuatnya mudah dipindahkan dan tetap stabil menahan beban. Tersedia dalam berbagai merek dan material yang semuanya itu berujung pada harga jualnya.

Di tes ini, kami kumpulkan 5 produk dongkrak buaya dengan kapasitas angkut 2 ton. Mana yang terbaik?

 Werk Line SAP Hydraulic Floor Jack

Rating: * * * * * [BEST BUY]
Harga: Rp 223.000
Tinggi maksimum: 280 mm
Tinggi minimal: 117 mm
Tinggi angkat lengan: 200 mm
Jumlah ungkit 5 cm : 9 kali
Panjang bodi : 385 mm

Dimensinya terlihat paling kecil dibanding dongkrak lain yang kami uji. Mudah ditempatkan di bagasi mobil. Meskipun tidak dijelaskan dimensi dari dongkrak tersebut, tetapi ukurannya yang lebih mungil tetap bisa mengangkat beban mulai dari ketinggian 135 mm hingga 300 mm.

Mekanime tuas dongrak juga cukup mudah digunakan dengan bobot yang tidak terlalu berat. Walau tidak dibekali besi pin, tetapi bentuk ujung tuas dongkrak pas dengan posisi baut hidraulik sehingga ketika menurunkan dongkrak tidak akan menemui kesulitan akibat tuas yang meleset.

 

Rating : * * *
Harga: Rp 299.000
Tinggi maksimum: 300 mm
Tinggi minimum: 112 mm
Tinggi angkat lengan : 228 mm
Jumlah ungkin 5 cm : 8 kali
Panjang bodi: 423 mm

Pengoperasian mekanisme ungkit dari dongkrak ini terbilang mudah, tidak terlalu enteng juga tidak berat. Pada ujung tuas dongkrak juga dibekali besi pengait, gunanya sebagai besi klip untuk mengendurkan dan mengencangkan baut hidraulik.

Praktis untuk menurunkan dongkrak dan meminimalisasi kemungkian meleset. Namun jika klip itu patah atau bengkok, sangat sulit diperbaiki. Dongkrak ini mampu mengangkat beban hingga setinggi 320 mm, materialnya terlihat seperti pelat besi dan tidak tampak ringkih. Berbeda dengan dongkrak lainnya, alas lengan ungkit berbentuk rata. Sehingga kemungkinan dongkrak untuk bergeser bisa terjadi.

 

Krisbow KW05-39 Sellery Hydraulic Floor Jack

Rating : * *
Harga: Rp 245.000
Tinggi maksimum: 285 mm
Tinggi minimum: 109 mm
Tinggi angkat lengan: 230 mm
Jumlah ungkin 5 cm : 9 kali
Panjang bodi: 420 mm

Mekanisme untuk mengdongkrak dengan tuas, terasa cukup berat. Sementara baut hidraulik beberapa kali kami coba terkadang meleset sehingga dongkrak sulit diturunkan.

Menggunakan material campuran besi dan baja tidak ada keterangan berapa bobot dongkrak ini. Keempat roda yang menempel pada bagian bawah dongkrak selain mampu menopang dongkrak agar lebih stabil, juga memudahkan untuk menggeser-geser dongkrak.

 

Rating: * * *
Harga: Rp 297.000
Tinggi maksimum: 284 mm
Tinggi minimum: 105 mm
Tinggi angkat lengan: 230 mm
Jumlah ungkit 5 cm : 8 kali
Panjang bodi: 420 mm

Saat menjajal mekanisme kerja dongkrak ini tuas dongkrak terasa enteng. Produk ini mampu mengangkat hingga 300 mm, ia butuh lebih sering mengayunkan tuas untuk mendongkrak.

Cukup merepotkan, terlebih posisi rumah tuas engkol yang menyambungkan bodi dengan tuas dongkrak mudah goyang dan tidak solid.

Dari sisi material, dongkrak ini menggunakan bahan lempengan besi, terasa berat saat dijinjing dan terlihat lebih ringkih dari Krisbow.

 

Tekiro
Rating: * * * * [RECOMENDED]
Harga: Rp 495.000
Tinggi maksimum : 320 mm
Tinggi minimum: 112 mm
Tinggi angkat lengna: 250 mm
Jumlah ungkin 5 cm : 7 kali
Panjang bodi: 473 mm

Mekanisme tuas dongkraknya terasa mantap, satu kali ayunan tuas dongkrak mampu mengangkat pangkal dongkrak ke ketinggian yang signifikan. Tidak perlu berkali-kali mengayunkan tuas untuk mencapai angkat maksimal 342 mm atau ketinggian mobil yang diinginkan.

Dengan berat 9 kg, dongkrak ini diklaim menggunakan material baja ringan yang tahan lama. Kelebihan lainnya, pengait tuas angkat bisa diputar 360 derajat sehingga memudahkan untuk mengoperasikan dongkrak dari posisi manapun. Sayangnya, harganya yang paling mahal di Tes Produk ini.

Metode Pengetesan

Kami hanya menguji bagaimana mekanisme kerja dari dongkrak-dongkrak tersebut. Point pertama yang kami perhatikan yakni mekanisme kerja tuas engkol dongkrak, termasuk kemudahan mengendurkan dan mengencangkan baut katup hidraulik. Selanjutnya kami juga memperhatikan mekanisme pergerakan keempat roda dari masing-masing dongkrak serta material yang digunakan untuk keseluruhan bodi dongkrak tersebut . Faktor harga juga menjadi bahan penilaian.
 



Related Article