By Admin  Article Published 01 July 2014
 

 





Bagi beberapa orang, menggunakan seatbelt tidak selalu menyenangkan. Sebabnya dari tekanan pada tulang belikat yang meski tidak kencang, tapi karena kontinyu jadi mengganggu kenyamanan berkendara.

Itu sebabnya beberapa produsen menciptakan belt clip untuk mengatasi masalah tersebut. Prinsip kerjanya dengan mengganjal seatbelt agar tidak tertarik penuh di gerak bebasnya.

Asyiknya, meski fokus pada kenyamanan tapi aksesori ini sama sekali tidak mengganggu kinerja seatbelt. Ia tidak mengurangi respons sabuk ketika terjadi tumbukan. Sehingga poin keselamatan tidak terabaikan.



 Metode Pengetesan
 Kami mencoba langsung pada seatbelt 3 titik sebagai kelengkapan standar mobil. Setelah seatbelt dikencangkan, clip dipasang dengan jarak bebas 3 cm dari titik atas. Sehingga efektif mengurangi tekanan tapi tidak terlalu kendur.

Karena kebanyakan dari belt clip sudah mampu melakukan tugasnya dengan baik, maka parameter pertama adalah kemudahan penggunaan, lalu kualitas buatan dan terakhir harga yang ditawarkan.

Sonari Belt Clip [ Best Buy ]
Rating: * * * * *
Harga: Rp 42.500

Di penampang bodinya ada gambar emboss anjing lucu. Meski imut, tapi secara konstruksi Soonai termasuk yang paling kokoh. Ia mencengkeram dengan sempurna dan proses buka-pasangnya mudah.

Kemampuan dan kualitas­nya cukup menonjol dan di­sem­purnakan dengan harga termurah menjadikan Soonai sebagai kampiun di Tes Produk kali ini.

 

Hypersonic Belt Clip [ Recomended ]
Rating: * * * *
Harga: Rp 58.500

Bentuknya simpel dan bersih dari ornamen. Buat Anda yang menyukai bentuk minimalis, Hypersonic jelas pilihan menarik.

Hebatnya, ia menjadi sa­­­lah satu produk yang pro­ses instalasinya paling mu­dah. Baik saat dipa­sang mau­pun ketika dikunci. Kredit tambah­an, kualitas buat­annya terasa kokoh sehingga menambah perolehan poinnya. Tapi ia takluk dari Soonai karena harganya lebih mahal. Untuk itu ia harus puas dengan titel Recommended.

 

Disney Belt Clip
Rating: * *
Harga: Rp 59.800

Di tubuhnya terdapat logo kepala Mickey Mouse, salah satu tokoh ikonik Disney yang menggemaskan. Buat yang suka dengan dandanan imut, atraktivitas Disney Belt Clip sangat sulit ditampik.

Catatan datang dari cengkeramannya yang kurang menggigit. Tidak buruk memang, ia sudah bisa menjalankan tugasnya. Tapi dibanding yang lain ia tidaklah menonjol. Tambahan lagi, harganya yang paling mahal semakin mereduksi total konduitenya.

 

G-Speed Seat belt Clip
Rating: * * *
Harga: Rp 49.900

Saat dikunci, G-Speed me­nawarkan proses yang relatif mudah. Tapi masalah muncul ketika disetel naik-turun. Walau tuas pengunci sudah dilepas, ia tetap terasa kesat sehingga cukup mengganggu untuk dinaik-turunkan.

Konstruksi bodinya cukup kokoh untuk menjepit seatbelt. Kualitas buatannya pun kami nilai cukup rapi. Tapi secara keseluruhan, tidak ada poin yang menonjol yang mampu membawanya ke peringkat atas.

 

Fouring Black Chrome Belt Clip
Rating: * * *
Harga: Rp 43.800

Konstruksinya mirip de­ngan Soonai, tapi secara dimensi Fouring Black Chrome lebih kecil. Meski kecil, tapi jangan remehkan kemampuannya.

Cengkeraman saat clip dikunci cukup tajam. Ia tidak mudah bergeser dan proses kunci-lepas pun sangat mudah. Dengan lis krom yang menghias bodinya, ia turut menyertakan kesan elegan.

 

Fouring Black Label Belt Clip
Rating: * * *
Harga: Rp 46.500

Satu lagi produk belt clip dengan desain simpel. Ia terlihat elegan dengan mo­del persegi panjang dan bodi berkelir hitam solid.

Meski proses instalasinya mudah, tapi cengkeramannya bukanlah yang terbaik. Ia tidak sebaik Hypersonic sehingga terasa kurang mantap. Tapi enaknya, ia mudah dipasang. Harganya pun termasuk bersahabat.

 

TypeR Shine Belt Clip
Rating: * *
Harga: Rp 54.500

Belt clip yang satu ini me­ngandalkan tampilan fisik sebagai nilai jualnya. Yaitu dengan menyematkan berlian imitasi di bodi tuas klipnya.

Namun performa yang diusung biasa saja. Cengkeramannya saat mengganjal tidak terlalu baik dan ketika klip pengunci dibebaskan, belt clip tetap kesat digeser-geser sehingga cukup mengganggu kemudahan penggunaan.

 

TypeR Belt Clip
Rating: * *
Harga: Rp 57.500

Aplikasi kelir two tone hitam-silver mencuatkan kesan sporti TypeR Belt Clip. Soal kualitas buatan, harus diakui ada produk yang le­bih baik darinya.

Dibanding rival-rivalnya, tak ada keunggulan komparatif yang melekat pada­nya. Termasuk soal harga karena ada rival lain tampil dengan harga lebih ramah kantung.


Related Article