By Admin  Article Published 13 July 2014
 


Mobil Terawat, Harga Jual Pun Terangkat
Mencuci mobil (Foto: Wordpress)
Selasa, 12 Juli 2011 16:14

Otosia.com - Sebagai wahana yang selalu mendukung setiap aktivitas kita dan selalu menemani dengan setia ke manapun kita pergi, seyogyanyalah kita mulai memberikan perhatian pada perawatan dan penampilan mobil kita. Sebab, jika performa mobil sangat buruk, maka hal itu tentu akan mengganggu aktivitas kita juga.

Selain itu, jika perawatan secara rutin kita terapkan pada mobil kita, maka niscaya harga jual kembali pun makin melambung.

Berikut ini beberapa tips sederhana dari Toyota untuk perawatan kendaraan Anda, yang jika dilakukan dengan benar-benar bisa membuat orang yang melihatnya 'kesengsem' :

1. Kembalikan kilaunyaLuangkan waktu untuk mengkilapkan cat mobil dengan wax. Cuci dulu mobil sampai bersih, setelah itu dikeringkan dan mulai dipoles dengan wax. Gunakan produk khusus untuk poles ini, jangan pakai produk wax sembarangan, melainkan pilihlah yang atau bahan lain yang ramah terhadap cat mobil, untuk mendapatkan hasil sempurna.

2. Lampu cemerlangLampu utama yang kusam adalah alasan utama calon pembeli ogah mendekati mobil Anda. Karena itu, buatlah lampu kembali cemerlang dengan menggunakan produk pembersih khusus. Pembersih kaca mungkin tidak akan memberi hasil maksimal. Periksa pula kondisi bohlam, jika putus gantilah dengan yang benar-benar baru.

3. Kaki-kaki mengkilap dan tak berbunyiVelg yang terlihat baru dan bersih akan menambah daya tarik mobil serta calon pembeli. Jadi sempatkan waktu untuk membersihkan velg hingga detail. Bila perlu, saputkan pengkilap atau semir di dinding ban.

4. InteriorKeluarkan karpet dan bersihkan, demikian pula halnya dengan lantai mobil di bawah karpet. Sedikit karat di lantai mobil membuat calon pembeli curiga bahwa mobil pernah tenggelam. Jika karpet bukan dari karet, bersihkan nodanya. Jika sulit, beli saja yang baru. Investasi ini akan menghasilkan harga berlipat kali.

Jangan lupakan bagian lainnya. Gunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu di seluruh bagian mobil, terutama di kolong dan celah-celah sempit yang susah dijangkau oleh sapu ataupun kuas. Untuk membersihkan jok kursi, apalagi yang dari kulit, gunakan produk khusus untuk mobil untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Bukti sejarahUntuk lebih meyakinkan calon pembeli bawah mobil anda terawat teratur, tunjukkan catatan perawatan di bengkel resmi Toyota. Ini akan membuat calon pembeli yakin, mobil dirawat oleh ahlinya. Selain itu, calon pembeli juga akan berpikir bahwa anda benar-benar merawat mobil dengan sungguh-sungguh dan bukan ala kadarnya.

6. Periksa Warning LightPastikan tidak ada lampu peringatan yang hidup. Isi penuh reservoir, ganti pelumas, periksa kondisi baterai, ganti lampu yang putus. Pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah. Tapi jika Anda sibuk, serahkan saja ke bengkel resmi terdekat

Dan yang terpenting adalah motivasi Anda untuk merawat mobil Anda sendiri dengan sepenuh hati. Ingatlah, mobil mencerminkan kepribadian sang pemilik. Selain itu tanamkanlah motto bahwa: 'Di dalam eksterior yang mengkilat, tersimpan mesin yang terawat pula'


Related Article