By Admin  Article Published 01 December 2015
 

 

 
Modifikasi mobil terutama pada bagian kaki-kaki mobil saat ini menjadi tren yang banyak dilakukan para pecinta otomotif indonesia, beberapa alasan modifikasi velg yang umum adalah:
1. Mempercantik tampilan mobil
2. Menyesuaikan dengan kebutuhan mobil (khususnya untuk mobil adventure)
3. Membuat mobil lebih stabil terutama saat melaju pada kecepatan tinggi.
Modifikasi velg memang bisa meningkatkan performa dari mobil, akan tetapi beberapa memodifikasi juga menimbulkan dampak negatif jika dilakukan sembarangan tanpa memperhatikan patokan-patokan dalam mengubah velg mobil, untuk aturan atau patokan dalam memodifikasi velg dapat dilihat pada artikel sebelumnya tentang
 
Ukuran velg sangat bervariatif mulai dari 15 inci sampai 26 inci dengan velg kualitas tinggi sampai velg replika, pecinta otomotif harus pandai-pandai memilih velg yang berkualitas (bisa dilihat dari kode velg tersebut, kecuali velg replika tanpa kode quality) dan pecinta otomotif harus mengetahui jenis-jenis velg yang memiliki karakter sesuai dengan jenis mobil mobil.
Berikut ini beberapa jenis mobil dan velg yang cocok dipakai :
1. Mobil jenis City Car : mobil jenis ini akan terlihat semakin sporty dengan velg dengan jari-jari yang tidak lebar. Untuk ukuran yang biasa digunakan adalah 14 sampai 16 inci, jika pecinta otomotif memiliki velg dari pabrikan 14 inci maka maksimum memperbesar ukuran velg adalah 2 inci (jadi 16 inci), ukuran velg dibuat lebih besar maka pecinta otomotif juga harus merubah ban mobil dari yang original menjadi ban yang memiliki dinding ban relatif pendek (lebih tipis), hal ini harus dilakukan karena untuk menjaga agar ban tidak menggores body mobil
2. Mobil jenis Sedan : untuk mobil jenis ini pada prinsipnya hampir sama dengan city car yakni akan lebih sporty dan elegan jika menggunakan tiang (jari-jari) yang tipis (ramping), sedangkan prinsip penambahan 2 inci masih tetap berlaku. Perbedaannya dengan city car adalah beberapa sedan bisa dimodifikasi velgnya sampai 18 inci bahkan untuk sedan jenis saloon bisa sampai 20 inci (tetap ikuti aturan penambahan maksimum/ plus size 2 inci dengan mengurangi ketebalan ban).
3. Mobil Jenis SUV : mobil-mobil adventure seperti hartop, terrano, Pajero, Fortuner dan lain-lain, mobil jenis ini lebih cocok menggunakan velg dengan bentuk jari-jari yang tebal (terlihat gagah), sementara untuk aturan penambahan ukuran (plus size) bisa ditambah sampai 3 inci, sedangkan ban yang cocok untuk mobil jenis ini adalah ban yang tebal. Jika pecinta otomotif ingin memodifikasi lebih bisa menambah tinggi mobil dalam hal ini memodifikasi kaki-kaki mobil secara keseluruhan (shock dan lain-lain)
4. Modifikasi Velg dengan ban lebar : ini membutuhkan ketelitian yang lebih (lebih dari aturan 2-3 inci). Jika pecinta otomotif memilih modifikasi ini maka pecinta otomotif harus memperhitungkan kedalaman ban, biasanya semakin lebar velg maka semakin dalam ban masuk ke bagian spakbor mobil.


Related Article