By Admin  Article Published 09 July 2014
 

 

 

 

Siapa tak kenal kunci Inggris? Perkakas yang nama resminya adalah adjustable wrench ini menjadi favorit bagi banyak mekanik, baik profesional maupun amatir.

Alasan paling utama adalah fleksibilitas yang tinggi. De­ngan 1 kunci, ia bisa menghadapi banyak ukuran mur dan baut. Juga lebih praktis untuk disimpan.

Mobil sebagai sebuah unit terdiri dari ribuan komponen. Tak jarang komponen-komponen itu disatukan via mur dan baut dengan beragam ukuran

Jika Anda ingin mereparasi, membongkar atau mungkin sekadar utak-atik, maka diperlukan kunci-kunci untuk menghadapi mur dan baut itu. Nah, jika ingin praktis yaitu satu kunci bisa untuk banyak mur dan baut, maka kunci Inggris menjadi pilihan tepat.

Kami sengaja memilih kunci Inggris dengan panjang 6 inci dan bukaan maksimal 20 mm alias kunci 20. Karena di rentang inilah populasi mur dan baut paling banyak di komponen-komponen mobil.

Lippro Tenka

Harga: Rp 35.000 [Best Buy]
Rating: * * * * *

Hal pertama yang mencuat dari Lippro adalah kenyamanannya. Mantap digenggam dan putaran ulirnya terasa ringan. Penyetelan dan penggunaan pun dapat dilakukan dengan mudah.

Konsentrasi kami berikutnya adalah kualitas buatan yang cukup baik, bahkan salah satu yang terbaik di antara rival-rivalnya. Poinnya semakin baik karena semua nilai positif itu datang dengan harga yang terjangkau.


 

Harga: Rp 25.000 [Recomended]
Rating: * * * *

Soal kenyamanan, Tenka hanya kalah dari Lippro sang penyandang Best Buy. Ulirnya ringan sehingga ra­hang mudah diatur dan gagang pun terasa mantap dipegang.

Sedikit masalah adalah kualitas buatan yang hanya rata-rata. Rahangnya sedikit goyah ketika diatur maju-mundur. Memang tidak sampai mengganggu kinerjanya, namun beberapa rivalnya yang lain tidak seperti itu.

Poin terbesar adalah harganya. Bersama Tekiro, ia merupakan produk termurah. Faktor nominal inilah yang melesatkannya ke peringkat Recommended.

 

Tekiro Crossman

Harga: Rp 25.000
Rating: * * *

Penilaian Tekiro sebenarnya mirip dengan Crossman. Kualitas buatannya terhitung rata-rata begitu juga dengan kenyamanan penggunaan. Gagang cukup enak digenggam kendati bukan yang terbaik. Ulir untuk mengatur rahang pun berjalan baik.

Untunglah Tekiro punya harga sangat bersahabat. Fungsionalitasnya sudah tercapai semua dan Anda tak perlu membayar mahal untuk memilikinya.

 

Harga: Rp 65.000
Rating: * *

Gagang Crossman dipenuhi tekstur agak kasar. Hal ini bukan menandakan kualitasnya yang buruk melainkan memberi grip ekstra ketika mengencangkan atau membuka mur atau baut. Meski begitu, nilai kenyamanan dan kualitasnya terhitung rata-rata dibanding peserta lain.

Dengan harga Rp 65.000, Crossman bukan yang termahal, tapi jelas bukan yang termurah karena produk terbaik di tes kali ini bahkan dihargai nyaris setengah dari banderolnya. Konduite menyebutkan Crossman bukanlah produk yang menonjol.

 

Sellery Stanley
Harga: Rp 35.000
Rating: * *

Sellery adalah merek yang cukup popular di dunia perkakas. Sehingga tak sedikit mekanik yang tenang saat memilih Sellery seba­gai andalan. Dengan harganya itu, Sellery termasuk bersahabat, meski bukan yang paling murah.

Tapi soal kualitas buatan ia tidak menonjol. Hanya terhitung rata-rata begitu juga dengan kenyamanannya. Sedikit catatan adalah rahangnya yang terasa kurang solid. Goyah saat diatur maju-mundur.
Harga: Rp 94.100
Rating:* *

Harganya je­las yang pa­­ling mahal. Bahkan lebih dari 2 kali lipat dibanding Lippro sang produk terbaik. Untunglah kita bisa berharap banyak pada kualitas buatannya. Rancangannya kokoh dan mantap, dan bagai menjelaskan darimana harga mahal itu berasal.

Tapi jika kenyamanan penggunaannya biasa saja. Ergonomi gagang dan grip bukanlah yang terbaik. Bahkan licin karena permukaannya halus.


Related Article