By Admin  Article Published 01 December 2015
 

Setelah kita mengetahui istilah-istilah pada velg mobil, maka selanjutnya kita tentu ingin membeli velg yang cocok dan sesuai bagi mobil kita. Kebanyakan orang, termasuk saya hanya mempertimbangkan dari segi model velg yang akan dibeli. Padahal ternyata selain model dan kecocokan, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat kita akan membeli velg mobil. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

tips memilih velg mobil

ilustrasi : transportationdesign.se

Pilih Spesifikasi Velg Yang Sesuai
Seperti pernah dibahas di postingan sebelumnya (baca : Istilah Pada Velg Mobil), maka tips memilih velg mobil pertama kali adalah memastikan velg tersebut memiliki PCD yang sesuai dengan PCD pada kendaraan kita. Selain itu, perhatikan pula diameter dan lebar maksimal yang dapat dipasangkan pada mobil kita. Umumnya, ukuran velg yang dapat ditampung dalam fender mobil adalah +2 atau +3 dari ukuran standar bawaan mobil. Namun jika ingin ekstrem, beberapa modifikator menggunakan velg dengan ukuran lebih namun dengan cara memodifikasi bagian fender mobil.

 

Memilih Material Yang Baik
Kebanyakan velg standar menggunakan material dari logam berat atau bahan dasar baja. Sementara untuk di pasaran, velg modifikasi kebanyakan menggunakan bahan dari logam ringan seperti billet, forged alloy atau magnesium. Untuk yang hanya ingin merubah penampilan, cukup mencari velg dengan material kuat yang tidak mudah rusak saja. Namun jika ingin merubah penampilan sekaligus menambah performa, pilih velg dengan material ringan. Hal ini akan membuat massa kendaraan anda sedikit berkurang, yang secara otomatis membuat kerja mesin juga semakin ringan.

Memilih Model Yang Menarik
Ingin tampil lebih menarik adalah alasan utama kebanyakan orang mengganti velg mobil mereka. Namun demikian, bukan berarti mengabaikan pertimbangan lain seperti ketahanan dan kekuatan material velg. Model velg juga memiliki dua tipe, yaitu one pieces dan three pieces. Velg one pieces adalah velg solid utuh dan memiliki bobot yang sedikit lebih berat. Velg model ini biasanya bermain di ukuran 16-18 inchi. Sementara velg three pieces adalah velg yang bagian-bagiannya dapat dilepas dan diganti jika ada kerusakan. Velg ini biasanya berada di ukuran besar seperti 19-22 inchi. Keuntungan dari velg three pieces adalah memiliki banyak pilihan model serta bobot yang lebih ringan.

Pertimbangkan Keamanan, Kenyamanan dan Budget
Memiliki velg yang keren, apalagi langka, tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Namun demikian, tetap pertimbangkan matang-matang pula terkait keamanan, kenyamanan serta budget yang dimiliki. Beberapa rekan pernah memberi tips jika kita memodifikasi mobil dengan velg lebar, maka kita juga harus memperkuat keamanan seperti kaki-kaki serta sistem pengereman. Selain itu, sisakan pula budget untuk membeli ban jika ternyata velg yang kita beli berubah ukuran dari velg yang sedang kita gunakan.



Related Article