By Admin  Article Published 20 October 2015
 
 
Modifikasi mobil tidak boleh sembarangan, segala proses harus diperhatikan dengan detail untuk safety si pemilik mobil. Desain dan tampilan yang oke dan modis harus dilengkapi dengan velg racing yang sesuai dengan desain dan spesifikasi mobil. Kenyamanan dan keamanan menjadi faktor penting dalam sebuah modifikasi kendaraan beroda empat tersebut. Oleh karena itu, pemilihan velg racing juga harus diperhatikan.
Tidak masalah jika second velg dipilih demi menekan biaya pengeluaran. Yang perlu diingat dengan penggunaan velg bekas ini adalah memilih velg dengan kondisi yang masih bagus. Masih banyak pilihan lain seperti velg impor yang tentunya bisa menguras kantong. Namun, baik bekas maupun impor tetap saja harus dipertimbangkan dalam pemilihan. Berikut tips pemilihan velg racing yang tepat demi keamanan berkendara:

1.     Pemilihan Desain Yang Tepat
Pilihlah desain velg racing yang tepat dengan spesifikasi mobil Anda. Terdapat beragam jenis velg, antara lain: elegance, off road, dan touring. Anda bebas memilih salah satu sesuai kebutuhan.
Toyota Yaris sesuai dengan model jari-jari, misalnya OZ racing. Sedangkan, Monoblock type sesuai dengan jenis mobil Toyota Altis.
Velg jari-jari ditambah batang jari-jari yang lentur, kelenturan ban, dan suspensi merupakan paduan roda yang dapat memberikan keamanan yang lebih daripada desain yang lain. Selain iti kondisi tromol juga lebih awet.
2.     Pemilihan Bahan Velg
Pilihlah velg yang berbahan logam ringan, seperti billet steel, magnesium, dll. Logam ringan ini  menjadi favorit para pecinta modifikasi mobil karena beratnya dapat mengurangi berat mobil, namun tetap dengan daya tahan velg yang bagus. Hindari pelek yang dibuat dengan teknik cor (cetakan) karena velg jenis ini lebih mudah pecah dan retak.
3.     Sesuaikan Ukuran Ring
Ukuran ring pelek harus disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran velg tidak boleh terlalu besar. Perubahan ukuran ini dapat mengubah komponen kaki mobil. Mobil dengan ukuran kecil hanya bisa menggunakan pelej dengan ukuran maksimal diameter 17 inci. Sementara maksimal diameter untuk mobil ukuran medium adalah 18 inci, dan maksimal 20 inci untuk saloon.
4.     Sesuaikan Lebarnya
Hindari penggunaan velg dengan ukuran terlalu lebar. Hal ini dapat mengganggu spakbor serta terantuk dengan piringan per bawah. Maksimal 7 inci untuk mobil kecil, 8 inci untuk medium, dan 10 inci untuk saloon.
5.     Perhatikan Offset Velg
Posisi velg harus dipasang sejajar bibir fender, misalnya ukuran 40. Apabila Anda menginginkan posisi yang lebih dalam, angkanya tidak boleh lebih kecil. Dan jika Anda menginginkan posisi yang menempel ke bibir fender, maka angkanya pun tidak boleh lebih besar alias lebih kecil. Sementara toleransi ditambah atau dikurangi 2 angka dari ukuran standar.
Tips di atas harus selalu diperhatikan demi kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara, baik dalam jarak dekat maupun jauh.
 
sumber :http://www.auto2000jabar.com/cocokah-velg-racing-anda/


Related Article