By Admin  Article Published 07 November 2014
 
Beberapa hari lalu Toyota Global telah merilis mobil masa depan yang diarahkan pada mobil-mobil hemat energi, kemungkinan konsep masa depan toyota ini dengan cepat akan akan terasa sampai Indonesia. Toyota Dominoes ini adalah komitmen toyota dalam menjaga lingkungan, mobil ini adalah adalah seri mobil hemat energi yang untuk saat ini dimulai dari mobil hybrid dan tujuan akhirnya adalah mobil listrik (fuel cell) dengan inovasi yang terus menerus sampai menghasilkan mobil listrik dengan daya yang minim dan ramah lingkungan.
Untuk seri mobil dominoes dimulai dari Toyota Prius Hybrid dimana mobil ini merupakan dominoes pertama dari toyota, kemudian menyusul Toyota Prius Plug In Hybrid, lalu dilanjutkan dengan pengembangan mobil tenaga baterai (fuel cell).
Komitmen toyota yang mengarah pada mobil-mobil ramah lingkungan ini berangkat dari kondisi iklim di bumi yang terus mengalami kenaikan suhu dimana salah satunya disebabkan oleh pembakaran bahan bakar minyak, selain itu kelangkaan bahan bakar minyak juga mengancam kelangsungan indistri otomotif dunia dimana makin lama minyak akan semakin mahal dan tidak terjangkau untuk bahan bakar mobil. Solusi paling memungkinkan adalah dengan menjual mobil hemat BBM sampai mobil tenaga listrik (fuel cell).
Toyota Prius Hybrid
Mobil hybrid merupakan langkah awal yakni dengan memadukan bahan bakar bensin dan baterai atau listrik, untuk kecepatan rendah dibawah 20 km/ jam mobil ini menggunakan bahan bakar listrik untuk berakselerasi kemudian jika mencapai kecepatan diatas 20 Km/ jam maka tenaga mobil ini diambilkan dari piston yang menggunakan minyak (BBM) sebagai bahan bakarnya.
Kelebihan mobil hybrid ini adalah hemat BBM (jelas), cepat dalam berakselerasi, tidak bersuara (sangat kecil suaranya), getaran juga sangat minim. Kekurangan hybrid saat menggunakan tenaga listrik adalah tidak memiliki tenaga yang melimpah. kami telah mengulas jenis mobil dominoes hybrid pada artikel terdahulu tentang Toyota Prius Hybrid berikut
Toyota Prius Lug In Hybrid
Toyota prius plug in Hybrid ini bakal keluar tahun 2015 di eropa dan jepang, toyota dominoes ke dua ini menyajikan tenaga baterai lebih besar mencapai 50 % pemakaian tenaganya. Mobil ini juga dibekali dengan teknologi modern seperti cruise control dan sensor anti tabrakan. berikut adalah penampakan dari toyota dominoes prius plug in hybrid
Toyota Dominoes Fuel Cell
Toyota dominoes fuel cell masih dalam perencanaan, mobil ini keseluruhan akan memakai bahan bakar listrik (tenaga baterai), mobil toyota dominoes fuel cell ini memiliki efisiensi daya listrik yang sangat mumpuni dimana teknologinya akan sangat berbeda dengan mobil listrik jaman sekarang. Toyota akan berupaya agar mobil dominoes fuel cell dapat di isi di rumah dengan daya yang tidak terlalu besar, sebagai bahan pertimbangan untuk mobil listrik jaman sekarang masih dibutuhkan daya 5000 watt untuk mengisi baterainya (jadi pemilik mobil harus memiliki listrik dengan daya di atas 5000 watt untuk bisa mengisi mobil).
Kita tunggu saja bagaimana toyota akan merevolusi pemakaian bahan bakar untuk mobil karena BBM semakin hari semakin langka dan diprediksi akan habis dalam beberapa puluh tahun kedepan, ini adalah alternatif BBM. berikut ini adalah videonya


Related Article