By Admin  Article Published 20 October 2015
 

Velg Enkei – Di kalangan pecinta modifikasi velg aliran Japan Domestic Market (JDM), Enkei termasuk salah satu merek velg yang mestinya dikenal. Mereka yang suka dengan velg racing juga tidak ada salahnya mencoba modifikasi mobil pakai velg enkei.

modifikasi mobil pakai velg EnkeiRPF1, salah satu velg keluaran Enkei yang sesuai standar velg balap F1

Modifikasi mobil pakai velg Enkei: beberapa fakta tentang Enkei

  1. Kepanjangan nama Enkei adalah Enshu Keigokin. Artinya, ‘logam campuran ringan dari Enshi’. Enshi merupakan nama salah satu daerah di Jepang.
  2. Perusahaan Enshu Keigokin berdiri di tahun 1950. Pabriknya kini ada di berbagai negara, yaitu Jepang, Thailand, Vietnam, Amerika Serikat, India, Filipina, Malaysia, Cina, dan termasuk Indonesia.
  3. Enkei memiliki teknologi paten yang disingkat dengan MAT. Kepanjangannya adalah The Most Advanced Technology. MAT merupakan teknologi pembuatan velg. Velg Enkei melalui proses sedemikian rupa sehingga menghasilkan velg dengan berat ringan. Teknologi ini kemudian berkembang, menghasilkan MAT Dura Flow. Dengan teknologi terbaru ini, velg yang dihasilkan menjadi lebih ringan.
  4. Enkei memiliki standar kualitas yang disebut dengan Spec-E. Standar velg ini bahkan lebih tinggi dari JWL, standar untuk industri velg di negara Jepang.
  5. Di tahun 2012, Enkei mengembangkan lini baru dengan label F1 grade. Label ini berarti setiap velg mobil Enkei yang tertera F1, memiliki standar yang sesuai dengan velg untuk f1. Enkei RPF1 merupakan tipe keluaran Enkei yang sesuai dengan standar F1.

Modifikasi mobil pakai velg Enkei: Beberapa line up Enkei

Enkei memiliki beberapa line up berbeda. Masing-masing line up mewakili tipe velg tertentu. line up tersebut adalah:

  • Racing Wheels, ini dia velg mobil kualitas terbaik keluaran Enkei. velg-velg jenis ini siap dipakai di arena balapan. Teknologi MAT diterapkan pada semua jenis velg untuk kategori ini. beberapa velg mobil yang termasuk kategori ini adalah RPF1, PF01SS, RSM9, PF01, RP03, GTC01, dan NT03+M.
  • Tuning Wheels, kualitasnya berada di bawah Racing Wheels, namun tetap bisa dipakai untuk balapan. Harga velg jenis ini lebih murah, sebab proses MAT nya berbeda. Beberapa velg mobil yang termasuk kategori ini adalah Fujin dan Raijin.
  • Luxury Sport Wheels, ini kategori velg mobil Enkei bagi mereka yang suka dengan tampilan velg mobil yang elegan. Velg ini juga cocok mereka yang suka dengan mobil jenis van. Beberapa velg mobil line ini adalah Majesty, Lusso, L-SR, LS-5, LSF, LF-10, RAZR, dan AKP.
  • Classic Wheel, buat yang suka dengan desain velg retro legendaris, Engkai menyediakan kembali beberapa velg legendaris mereka. Di antaranya: Enkei 92, Apache, dan J-Speed.
  • Performance Wheels, kategori velg mobil ini termasuk paling rendah dibandingkan Racing Wheels dan Tuning Wheels. Velg mobil yang termasuk dalam kategori Performance Wheels juga tidak ada yang pakai teknologi MAT. Walau begitu keringanan dan kekuatan velg tentu masih diacungi jempol. Velg mobil kategori ini mengunggulkan aspek style dan up to date. Beberapa jenis velg yang termasuk kategori ini adalah: EDR9, Sesto, Klamp, Falcon, Ammodo, GP5, SR6, GW8, RZ5, FN18, PKR, dan J-10.
  • SUV/Truck Wheels, kalau velg mobil satu ini dikhususkan buat mobil-mobil berfisik besar, baik SUV maupun Truck. Termasuk di antaranya adalah velg ETS, SVX, RT6, dan Grab6.


Related Article