By Admin  Article Published 19 October 2014
 
Raksasa otomotif asal Jerman, Volkswagen resmi akan mengakhiri produksi Kombi per 20 Desember 2013.





Penghentian tersebut bersamaan dengan adanya undang-undang perihal emisi serta masalah keamanan untuk kendaraan baru, di mana setiap mobil diharuskan memasang airbag dan anti-lock braking. Akhir pekan lalu, bertempat di Sao Bernardo, Brasil, yang menjadi satu-satunya lokasi tersisa yang memproduksi VW Kombi, diadakanlah acara untuk menghormati keberadaan VW Kombi yang pertama kali hadir di Jerman sejak 1950 itu.

Menurut Daily Mail, untuk mengenang keberadaan Kombi, VW membuat 1.200 unit Kombi eksklusif edisi perpisahan dengan harga 43.000 US Dollar , atau sekitar 515 juta Rupiah. Setelah 63 tahun diproduksi, lebih dari 10 juta mobil yang sangat ikonik itu beredar di jalan, termasuk di Indonesia, dan setidaknya ada 1.5 juta VW Kombi yang "lahir" di Brasil.

















Selama bertahun-tahun dan berbagai generasi, VW Kombi memiliki sebutan berbeda-beda, mulai dari minivan, microvan, hippie van, campervan, dan 'bus'. Di Inggris dan Amerika Serikat, pada era 60-70an, mobil ikonik ini sangat identik dengan kendaraan anak muda, dengan slogannya "not just a vehicle ... more a way of life."

Menurut para pencinta VW Kombi, mesin mobil ini sangatlah kuat. Selain sederhana dan mudah diperbaiki, mesin mobil ini diklaim memiliki sensasi berbeda bagi setiap pemiliknya.

Di Jerman, produksi VW Kombi dihentikan pada 1979 lantaran tidak memenuhi persyaratan keselamatan Eropa. Volkswagen juga pernah meluncurkan versi baru dari mobil yang sering dipakai untuk kemping ini di Geneva Motor Show 2011. Namun, sayang, model tersebut tidak pernah diproduksi. Goodbye Kombi... we will miss you. (vivanews, dailynews 11/12/13)

































Related Article