By Admin  Article Published 28 February 2014
 
Bagaimana cara melihat tahun pembuatan ban mobil?

Sebagian orang mungkin tidak tahu bahwa yang terpenting dari sebuah Ban adalah kode waktu tahun produksi ban Tersebut. Ban akan kedarluarsa (expired) dalam kurun waktu tiga tahun (3 tahun) setelah ban tersebut diproduksi. Nah untuk membaca kode ban Mobil adalah sebagai berikut:

Kode produksi dicetak di bagian ban (sisi ban) lihat pada gambar, dengan penandaan tahun pembuatan ban. Setiap pabrik ban (Seperti PT  Dunlop Semi Rubber Indonesia) memiliki jumlah kode digit tersendiri untuk menandai ban hasil produksinya, ada yang 5 digit, ada pula yang 7 digit. Akan tetapi kode 4 Digit dari belakang adalah sebuah standard international yang menunjukkan dari Produksi pada Minggu (Week) dan Tahun (YEAR) ban tersebut diproduksi. Akan tetapi untuk minggu dan tahun terbaru misalkan saat ini kita mengganti ban tanggal 2 Februari 2014, lalu kita membeli ban minggu ke 31 - 49 tahun 2013 apa itu masalah? Tentu tidak masalah jawabannya. Karena pabrik ban tidak sama dengan pabrik roti yang 2-3 hari harus baru, sudah ditanyakan kepada distributor ban-ban yang telah mencetak bahwa mereka akan semaksimal mungkin memberikan tahun terbaru.


Contoh X2001 :

Untuk mengetahui kode dari ban tersebut kita bisa membacanya. Kode Angka tersebut menginformasikan periode produksi ban. Dua kode angka pertama menunjukan minggu, dua kode angka terakhir itu berarti tahun pembuatan. Jadi apabila dibaca, kode tersebut berarti, Ban dibuat pada minggu ke-20 di tahun 2001.

contoh CJJ5101 :

Jadi apabila dibaca, kode tersebut berarti, Ban dibuat pada minggu ke-51 di tahun 2001. Kode angka pada Ban ini penting, Sebab semakin lama ban yang sudah diproduksi  tersimpan, semakin rentan pula terhadap kerusakan yang di akibatkan kekerasan pada kompon ban.

Kompon Ban yang kerasa sangat berpengaruh terhadap kemampuan daya cengkram ban pada alur jalan ketika direm. Kompon yang keras atau telah berusia lama bisa mengakibatkan ban tidak mencengkram dengan sempurna dan ini berarti akan berakibat fatal pada pengemudi dan kendaraan. Untuk pengecekan secara manual yang bisa kita lakukan untuk memeriksa kekerasan kompon bisa menggunakan cara menekan kompon ban dengan ujung kuku, apabila masih ada cekungan pada kompon berarti ban masih bisa dibilang layak untuk digunakan.



Related Article