News Published 27 May 2014
 
 

 

 

 

Zaman sekarang saat jasa cuci dan perawatan mobil sudah menjamur di mana-mana tentu membuat pemilik mobil makin ‘malas' melakukan perawatan kendaraan sendiri. Apalagi harga yang kompetitif pun ditawarkan para penyedia jasa tersebut agar Anda menye­rahkan sepenuhnya tanggung jawab ini pada me­reka.

Padahal dengan melakukan perawatan sendiri (Do It Yourself-D.I.Y), maka Anda akan bisa membersih­kan bagian-bagian mobil sesuai yang Anda inginkan.

Tak hanya itu, membersih­kan sendiri kendaraan juga dapat membuat Anda memiliki kesempatan untuk melihat ‘lebih dekat' setiap detail mobil. Efek positifnya tentu Anda akan mendeteksi sejak dini jika terjadi ketidak-normalan pada komponen-komponen kendaraan Anda.

Selain itu, faktor ekonomis juga dapat menjadi pertimbang­an agar Anda termotivasi untuk menjaga keresikan kendaraan Anda dengan tangan Anda sendiri. Tentunya biaya jasa yang sebelumnya harus Anda keluarkan dapat diminimalisasi dengan melakukan pembersihan kendaraan sendiri.

Nah, ada beberapa ke­giatan dan area mobil yang bisa Anda rawat sendiri. Sehingga bagaimana tampilan mobil Anda nantinya tentu akan menjadi kepuasan tersendiri.

Cuci Jaga dari jamur
Mencuci mobil merupakan langkah yang terbilang paling mudah dilakukan untuk merawat mobil Anda. Tujuannya tak lain adalah untuk menyingkirkan kotoran yang melekat di bodi kendaraan. Anda pun hanya perlu menggunakan lap pencuci dan pengering serta air bersih jika ingin sering mencuci.

Lalu jika ada kotoran yang berbentuk noda maka Anda bisa menggunakan sampo pencuci untuk membantu mengangat kotoran tersebut.
Menjaga bodi kendaraan dari jamur sebenarnya merupakan tindakan preventif. Karena jika jamur sudah terlanjur membercak di lapisan cat atau kaca, akan lebih sulit lagi membersihkannya.

Cara menghindari timbulnya jamur adalah dengan selalu menjaga mobil agar tetap kering setelah tersiram hujan. Oh ya, hindari menggunakan sarung mobil untuk menjaga mobil dari hujan. Tindakan ini hanya akan membuat mobil menjadi lembab dan jamur mudah timbul.

 

Rawat dasbor Rawat jok
Membersihkan dasbor dapat memperpanjang umur material pembungkus dasbor. Saat ini banyak produk perawatan dasbor yang tersedia di pasar. Andapun dapat melakukannya sendiri hanya bermodalkan lap kain serta produk pembersih tersebut. Pastikan produk yang Anda gunakan cocok dengan material dasbor mobil Anda. Karena ada beberapa produk yang disusun secara khusus untuk material tertentu saja. Setiap jok baik itu berbahan kulit, kulit sintetis, bahkan kain tentu membutuhkan perawatan. Tentunya sebaiknya perawatan dilakukan hanya ketika jok terkena kotoran. Karena beberapa material jok seperti bahan kain tidak bisa terlalu sering terkena paparan zat kimia pembersih karena serat-seratnya mudah rusak. Anda bisa menggunakan kain kering, interior cleaner, sikat nylon hingga vacuum cleaner untuk membantu produk pembersih dalam mengangkat kotoran di jok.

 

Rawat doortrim Rawat Kaca

Doortrim dengan aneka material pelapisnya seperti plastik, karet, kulit sintetik, hingga kain cenderung mudah kotor karena sering tersentuh oleh tangan. Terlebih berwarna cerah. Perlakuan membersihkannya tak ubahnya seperti jok. Anda bisa menggunakan produk pembersih seperti interior cleaner dengan bantuan kain kering untuk mengangkat noda yang melekat.

 

 

 

Selain bodi, kebersihan semua kaca menjadi sarana untuk menjaga visibilitas, terutama kaca depan bagi pengemudi.

Biasanya, jamur atau water spot yang menempel di kaca bisa mengganggu pandangan selain merusak penampilan. Beberapa produk pemoles kaca tersedia di pasar bisa Anda manfaatkan. Setelah mencuci mobil, Anda bisa menghilangkan jamur kaca ini secara menyeluruh dibantu lap kering. Namun ketika kaca sudah mengalami baret, itu sudah tergolong kerusakan yang membutuhkan tangan profesional untuk menanganinya, atau bila sudah terlalu parah kaca perlu diganti.

 

Kebersihan ruang mesin Kebersihan bagasi
Menjaga kebersihan ruang mesin memiliki dua fungsi. Selain menjadi kebersihannya, hal lainnya adalah Anda akan memiliki kesempatan untuk melihat kondisi komponen di ruang mesin ketika membersihan dan terhindar dari insiden. Dengan ini Anda akan dapat mendeteksi kerusakan lebih dini. Oh ya, pastikan tak ada komponen yang tercabut ketika Anda membersihkan ruang mesin untuk menghindari terjadinya malfungsi pada komponen mesin. Untuk beberapa kotoran yang menempel kuat, Anda dapat memanfaatkan produk engine degreaser yang banyak tersedia di pasar. Area ini merupakan salah satu bagian mobil yang jarang dijaga kebersihannya oleh mayoritas pemilik mobil. Lantaran fungsinya hanya untuk menyimpan barang. Namun dengan menjaga kebersihan bagasi, Anda dapat menghindari kemungkinan timbulnya jamur atau karat di bagasi mobil maupun noda yang membandel. Sebaiknya lakukan pembersihan bagasi setiap Anda mencuci mobil. Pastikan tak ada genangan air ataupun rembesan air yang menetes ke bagasi. Anda dapat memanfaatkan lap, vacuum cleaner, sikat nylon, hingga produk cairan pembersih khusus untuk material pelapis di bagasi.

 

Kebersihan karpet Menghilangkan baret halus

Karpet mobil merupakan sarang bagi debu, bakteri dan kuman di dalam mobil. Jika terdapat hal-hal tersebut, maka AC akan terus mensirkulasikannya. Efeknya tentu pada kesehatan penumpang di dalam mobil. Gunakan vacuum cleaner wet & dry setiap Anda mencuci karpet untuk mengangkat kotoran tersebut. Pastikan karpet sudah kering ketika Anda masukkan kembali ke kabin. Bila ada noda membandel pada karpet fabric, Anda juga dapat memanfaatkan produk upholstery cleaner.

 

Baret-baret halus (swirl mark) biasanya timbul akibat proses mencuci. Baret bisa timbul karena kotoran terbawa oleh lap ketika mencuci dan menggores lapisan coating. Anda bisa menggunakan produk poles mobil untuk menghilangkan baret-baret ini. Oh ya, sebaiknya hindari menggunakan kain untuk poles yang sama berulang kali untuk menghindari terbawanya kotoran ketika memoles mobil. Anda dapat menggunakan tangan atau mesin untuk memoles bodi. Sesudahnya, produk wax bisa digunakan untuk memberi kilau permukaan bodi sekaligus sebagai pelindung.

 

Kolong sepatbor
Selain ban dan pelek, menjaga kebersihan di sepatbor ini akan membuat mobil Anda terhindar dari potensi karat. Selain itu pembersihan kolong sepatbor juga membuat Anda memiliki kesempatan untuk melihat kondisi kaki-kaki mobil dengan melihat adanya rembesan oli dari sokbreker. Harapannya tentu Anda dapat mendeteksi kerusakan lebih dini. Menjaga kebersihannya cukup dengan mencucinya dengan sabun dan sikat nylon ketika mencuci mobil