News Published 21 March 2014
 
 
 
 
 
 
 
 
 

AKIBAT VELG BAN BENJOL TIDAK RATA

 

Postingan  ini di inspirasi dari pengalaman pribadi, yang waktu itu pernah benar benar kebingungan dengan penyakit mobil yang aneh. mobil/kendaraan goyang kiri goyang kanan, goyang ke atas dan kebawah, steer/setir/stir mobil narik narik/belok belok  sendiri padahal di jalan lurus dan rata.

Hal pertama yang terlintas di pikiran saya adalah shockbreaker mobil mati sebelah, habis... ciri ciri/gejala gejalanya persis seperti shockbreaker mobil mati sebelah yaitu steer/setir/stir mobil narik narik/belok sendiri cuma..., ada cumanya kalau shockbreaker mobil mati sebelah steer mobil narik nariknya/beloknya kalau roda depan mobil baik roda kiri maupun roda kanan menginjak/kena lubang jalan/jalan berlubang.

Hal kedua yang terlintas adalah Joint Steer/setir/stir mobil yang cross joint steernya sudah rusak, tapi... kalau joint steer ini hanya masalah steer mobil yang narik narik dan kalau steer mobil belok, steer mobil tidak balik lagi sedangkan joint steer yang normal/sehat, kalau steer mobil belok maka secara otomatis steer mobil balik lagi ke arah lurus, terus gimana dengan goyangan mobil ke kiri ke kanan, ke atas ke bawahnya?

Singkat cerita saya langsung curiga ke velg mobil benjol/tidak rata, saya meminta tolong montir di bengkel azis motor depok untuk mengecek velg mobil satu per satu, apa jawaban montir azis motor tsb, mereka bilang " velg mobil roda depan dan velg roda belakang mobil, bagus Pak, velg mobil tidak ada yang benjol/tidak rata ".

Akhirnya sasaran saya langsung curiga ke ban mobil, waktu itu montir azis motor depok menyarankan " coba pindahkan pindahkan  ban mobilnya yang dari roda kiri ke kanan dan roda depan ke belakang siapa tahu ban mobil benjol dan tidak ratanya ketahuan dan goyangan nya pindah. Akhirnya di pindah lah ban mobil tsb, cuma karena terhalang waktunya pulang dari depok ke rumah, waktu itu cuma sempat menukar nukar tiga ban: ban kiri depan, ban kiri belakang dan ban kanan belakang.

Pulanglah saya dengan sedikit rasa lega dengan harapan goyangan nya ban benjol/tidak rata nya bakal pindah dan bahkan berharap  lebih, mobil akan normal kembali. Tapi ternyata ehhh ternyata baru nyampe di di depan terminal depok di jalan lurus dan rata, goyangan ke kiri ke kanan, goyangan ke atas ke bawah seperti naik kuda dan steer mobil narik narik/belok sendiri ke arah sebelah kanan waktu itu, tetap masih ada.

Yaa Allah Yaa Robb sebenarnya apa sich penyakit mobil ini....??? sambil menyetir saya ngebatin sambil minta tolong ke allah supaya di tunjukan, apa sich sebenarnya penyakitnya mobil ini, dan tidak lupa juga saya marahin mobil si hitam yang saya pakai " Heiii hitam...( nama mobil Ford New Laser Ghia dohc tahun 97 saya adalah si hideung/si hitam )  tumben tumbenan kamu nyusahin seperti ini, kalau kamu masih betah sama saya, tunjukin penyakit kamu ini. Selang satu jam setelah sambil terus minta tolong ke Allah dan memarahi mobil si hideung, kira kira di daerah tembusan antara Sawangan depok dan Cinangka pondok cabe ( kondisi jalan pelan karena jalan agak sempit ), Ban mobil sebelah kanan depan ( ban mobil yang tidak sempet di ganti/di tukar oleh montir ) si hideung meledak dan kempes, belah tengah. Syukur alhamdulillah ... di seberang jalan tempat dimana si hideung kempes ban ternyata ada tambal ban, dan di gantilah ban roda depan kanan dengan ban serep/ban stip.

Dan apa yang terjadi setelah ban roda depan kanan si hideung di ganti.... si hideung jadi maknyuuuus lagi, sudah seperti sedan lagi lus mulus lagi. Hilang lah sudah masalah/keluhan goyangan roda mobil ke kanan ke kiri, ke atas dan ke bawah serta steer/setir/stir mobil narik narik/belok belok sendiri ke arah kanan

Pencarian :

Masalah roda depan belakang mobil goyang/getar ke bodi/body mobil, Tips cara mencari ban mobil sebelah mana yang benjol/tidak rata, Cara mengganti ban/velg mobil, Harga ban/velg mobil bekas/rekondisi, bodi/body mobil bergoyang/bergetar, sebab penyebab ban/velg mobil benjol/tidak rata/Rata sebelah/benjol tengah/benjol pinggir/goyang/tidak rata/getar bergetar.

Velg Ban Benjol/Velg Ban mobil tidak rata Goyangan/Getar an roda depan belakang mobil HYUNDAI Accent Verna Avega Atoz Trajet Elantra Getz Matrix i10 i20 Santa Fe BIMANTARA Cakra Nenggala , KIA Visto Picanto Pride Carens 1 2 Carnival Bensin Pregio Travello Diesel Shuma Sportage 1 2 Sedona Spectra Rio RS SF , TIMOR Sohc Dohc Injection Injeksi Karburator , FORD LASER FORDLASER GL 1.3 CC Th 80 - 84 Ex Taxi 1.3 CC Th 86 - 98 Ghia 1.3 CC Th 86 - 89 Gala 1.6 CC Sonic 1.3 CC TX3 injection Champ 1.8 CC Th 90 Ford New Laser Ghia Inj ection 1.6 CC Th 95 96 97 Linx Lynx 1.8 CC Th 95- TX5 1.6 CC Th 84-88, Ford Telstar TX5 Thunder ( Saloon dan Hatch Back ) dan TX5 Telstar TX5 Grand 2.0 CC Th 89 - , Ford Telstar TX5 Challange Th 93 - Telstar TX5 Briliant Th 93 - Escape Ranger Everest, MAZDA Kotak 808 323 Th 79 323 Th 80- 84 1.3 cc Elite Th 86 1.3 cc Trendy Th 87 - 89 1.5 cc 323 Interplay 1.6 cc Astina 1.8 cc 323 Familia 1.6 / 1.8 cc Lantis 1.8cc Mr 90 Vantrend Baby boomer 616 Th 73 - 76 626 Th 80 - 84 ( Kebo) 626 LX Th 84 626 GLX 1.6 cc Th 86 626 SGX 87 2.0 cc 626 2.0 cc Capella 626 New Capella 2.0 cc MX 6 2.0 cc Cronos 2.0 CC dan 2.5 CC E 2000