News Published 12 July 2014
 
 


Anda Akan Membeli Mobil? Pelajari Dulu Triknya!
Ilustrasi (Foto: Nazar Ray)
Sabtu, 09 Juli 2011 05:05

Otosia.com - Membeli mobil baru bisa jadi merupakan salah satu hal menarik dari hidup Anda. Apalagi jika itu adalah mobil pertama Anda. Untuk pertama kali membeli mobil biasanya mengundang perasaan yang sarat emosional. Tak salah jika sebagian orang yang membeli mobil lebih banyak dengan cara kredit.

Membeli mobil bisa menjadi bagian dari komitmen pengaturan keuangan jangka panjang. Agar keuangan yang telah disiapkan untuk memiliki mobil tidak sia-sia, janganlah terlalu percaya dengan mulut dan janji manis sales, sehingga Anda tidak salah beli mobil.

Seperti dilansir carazoo.com, berikut ada beberapa tips membeli mobil yang mungkin berguna:

  • Informasi Adalah Kunci

    Sebelum membeli, kumpulkanlah informasi sebanyak-banyaknya mengenai mobil yang akan Anda beli. Tidak ada salahnya Anda mempelajari beberapa jenis kendaraan yang menjadi incaran. Anda dapat membandingkannya satu persatu, termasuk mencari tahu varian, opsi penawaran, fitur-fitur, dan tentu saja harga mobil.

    Memiliki informasi 2 atau 3 mobil yang menjadi daftar mobil yang akan Anda pilih lebih baik ketimbang hanya punya satu pilihan. Pilihlah kendaraan sesuai kebutuhan dan jarak pemakaian Anda.

    Kalau hanya ada satu pilihan, maka ini akan menguntungkan sales mobil. Sales tak perlu membuang waktu lama untuk terus membujuk Anda agar membeli satu kendaraan yang Anda pilih.

  • Tentukan Anggaran Anda

    Tentukanlah berapa banyak uang yang mampu Anda bayarkan untuk membeli mobil baru. Jika membeli secara menyicil, sesuaikan dengan penghasilan Anda dalam sebulan, dan pikirkan juga apakah kemungkinan penghasilan Anda berkurang di masa datang. Karenanya pilihlah besarnya angsuran yang Anda mampu.

  • Mengajak Teman

    Anjuran ini lebih ditujukan kepada kaum wanita. Di sini tidak bicara soal kemampuan wanita dalam memilih dan membeli mobil sendiri. Namun dalam banyak kasus, wanita pembeli mobil lebih banyak mengeluarkan uang ekstra dari kesepakatan jual beli kendaraan.

    Jadi, jika kaum hawa memiliki teman laki-laki atau anggota keluarga, bawalah serta mereka dalam membeli kendaraan. Sebaiknya ajaklah teman, atau saudara laki-laki hendak membeli mobil baru untuk pertama kalinya, dan akan lebih baik minta pendapat teman atau saudara Anda.

  • Jangan Bicara Tentang Uang

    Jika salesman bertanya tentang anggaran atau keuangan Anda untuk mobil, janganlah diungkapkan. Berikutnya jangan membicarakan kemampuan keuangan Anda atau rencana Anda untuk menukar atau mengganti mobil Anda dengan salesman.

    Kalau Anda membicarakan hal-hal tersebut di atas, akan sangat mempengaruhi keputusan akhir Anda membeli. Tidak sedikit sales atau penjual yang berusaha agar Anda mengeluarkan uang lebih untuk memiliki sebuah kendaraan.

  • Salesman Bukan Teman

    Ingat, penjual atau salesman bukan teman Anda. Para salesman dilatih untuk berbicara menarik dan halus. Tapi, sesungguhnya tidak salesman yang bisa menjadi teman Anda ketika urusan bisnis dan proses transaksi terjadi.

    Meski ada banyak diler atau gerai mobil yang membanggakan diri karena memiliki pelanggan setia dan memberikan penawaran hebat, sebenarnya mereka hanya tertarik pada jumlah uang yang Anda siapkan untuk dihabiskan di showroom mereka.

    Jika Anda tidak senang atau nyaman dengan salesman, tidak ada salahnya Anda meminta untuk bertemu dengan manajer penjualan showroom.

  • Hitung Biaya Pemeliharaan

    Sebelum Anda membeli mobil baru Anda, selain informasi lewat teman, media atau internet, tak ada salahnya kunjungilah sentra-sentra penjualan onderdil untuk mencari tahu harga dan seberapa mahal sukucadang mobil yang Anda mau beli.

    Memang harga sukucadang kendaraan bervariasi tergantung jenis dan model mobilnya. Namun sangat disarankan Anda mengetahui biaya pemeliharaan dan sukucadang mobil yang Anda taksir.

  • Pilihan Bensin atau Diesel

    Memang mobil bensin lebih banyak disukai konsumen ketimbang bermesin diesel. Pertimbangan nilai ekonomis bahan bakar yang digunakan bisa menjadi salah satu masukan untuk mengambil keputusan akhir. Persoalan jarak tempuh pemakaian bisa menjadi salah satu pertimbangan.

    Jika pemakaian untuk jarak jauh secara rutin, Anda dapat memilih mobil diesel. Dan untuk jarak dekat, pilihan bisa jatuh ke mesin bensin.

  • Keinginan Berlebihan

    Sebaiknya ketika Anda mengunjungi diler mobil, jangan menunjukkan diri Anda sebagai orang yang sangat bernafsu dan terobsesi memiliki mobil tertentu. Hindari jangan sampai salesman atau penjual tahu seberapa besar hasrat Anda mempunyai kendaraan.

    Jika, mereka tahu banyak soal keinginan Anda, maka itu salah satu pintu masuk yang memudahkan proses penjualan, yang tentu saja menguntungkan buat mereka.

  • Test Drive

    Tak ada salahnya untuk melakukan test drive sebelum Anda membeli mobil. Sebuah test drive harus dilakukan setidaknya 20 menit. Saat ini banyak produsen mobil atau diler yang menawarkan test drive dengan lokasi yang disediakan, ambillah kesempatan tersebut bila Anda ingin beli mobil baru.

  • Tinggalkan Jika Anda Tidak Suka

    Jika Anda tidak senang atau puas dengan kesepakatan dari showroom, Anda dapat menolak secara halus penawaran mereka, untuk selanjutnya mencari alternatif diler atau produk lain.